Jl. Raya Limbangan-Tasikmalaya Garut 2020
A.
Latar Belakang Pada
masa pandemi sekarang ini dibutuhkan inspirasi baru yang dapat bergerak nyata,
serta tantangan yang datang semakin bertambah. Kodrat alam sekarang mulai
berubah dari tatap muka menjadi daring dan luring, dari Ujian nasional menjadi
AKM dan UBKD, dan yang lainnya. Itu semua merupakan tantangan dan perubahan
baru bagi pendidik. Menjadi
seorang guru penggerak adalah terobosan aksi nyata untuk membantu masyarakat
dalam menghadapi situasi sekarang ini. Mengenalkan siswa dengan teknologi yang
saya rasakan tidaklah mudah. Semua orang bisa berbicara tentang teknologi
informasi tetapi teknologi informasi itu tidak hanya terfokus pada satu titik
yaitu game atau yang lainnya. Sebuah
teknologi informasi itu diciptakan dengan tujuan untuk memudahkan pekerjaan
manusia. Agar bisa menggunakan teknologi informasi dengan baik, dibutuhkan
dukungan dari berbagai pihak serta
sarana yang memadai. Atas dasar pemikiran itulah penulis termotivasi
untuk membuat sebuah judul dalam aksinyata 1.1, yaitu“Penggunaan teknologi
informasi belajar dalam jaringan.” B.
Deskripsi Aksi
Nyata Setelah
empat minggu penulis mendapatkan ilmu dari narasumber, fasilitator serta arahan
dari pendamping dalam melakukan aksi nyata, banyak sekali pengalaman yang
dirasakan berupa tantangan, kritikan, ataupun pujian dari berbagai pihak. Ada
tantangan dan kritikan dari orang tua apabila akan melakukan webinar kuota harus
disiapkan oleh sekolah, fasilitas spek HP siswa yang kurang memadai, serta
susahnya penyampaian materi secara daring dan lain-lain. Tantangan dan kritikan
yang hadir tidak menjadi sebuah rintangan yang besar bagi penulis dalam
melakukan aksi nyata, karena dari ilmu yang penulis dapatkan selama webinar
melalui calon guru penggerak, di dalam sebuah rintangan pasti ada solusi atau
jalan untuk menyelesaikan masalah. Dari
beberapa rancangan kegiatan untuk aksi nyata 1.1 penulis membatasi kegiatan
yang disajikan, yaitu: a. Siswa
kelas 7 mampu membuat video presentasi struktur teks prosedur. b. Siswa
mampu memperagakan jurus dasar pencak silat secara daring c. Siswa
kelas 9 mampu membuat video presentasi pidato persuasif C.
Hasil Aksi Nyata Dengan
memberikan pelayanan yang baik menuntun dan menghamba, hasil pembelajaran
merdeka belajar akan dirasakan positif. Banyak sekali siswa yang antusias dan
bertanggung jawab dalam melakukan kegiatan pembelajaran merdeka belajar. Penulis
menyadari sepenuhnya bahwa belum 100% siswa dapat mengerjakan tugas sepenuhnya
dikarenakan berbagai alasan yang sampai pada penulis, tetapi alhamdulilah siswa
yang belum mengerjakan akan segera menyusul apabila mereka telah mempunyai
kuota. a. Siswa kelas 7 mampu membuat video presentasi
struktur teks prosedur. Dari
49 Siswa, baru menyelesaikan tugas 20
siswa Untuk
kelas 7 selama empat minggu baru 42% siswa yang menyelesaikan tugas, yang belum
juga hampir sebagian sudah selesai karena siswa sebagian memiliki kuota chat,
jadi tidak cukup untuk mengirimkan tugasnya. b. Siswa mampu memperagakan jurus dasar pencak
silat secara daring Siswa
yang aktif belajar silat ada 6 orang, mengapa tidak semua siswa ikut, karena di
sekolah kami ada Dojo Karate yang sudah
lama hampir 3 tahun berdiri. c. Siswa kelas 9 mampu membuat video presentasi
pidato persuasif Dari
60 siswa, baru menyelesaikan tugas 32 siswa Penulis memberikan kebijakan merdeka
belajar bagi yang belum selesai membuat video presentasi boleh menyusul bagi
siswa yang kuota nya terbatas boleh berbentuk rekam audio. D.
Pembelajaran
Ø Kegagalan Penulis
sadar bahwa dalam melakukan aksi nyata ini terdapat kekurangan yaitu, tugas siswa belum sepenuhnya masuk maksimal karena
terkendala teknis. Ø Keberhasilan Keberhasilan yang didapat penulis
diantaranya; a.
Terjalin
komunikasi positif dengan orang tua b.
Siswa
masih sangat bersemangat dalam belajar c.
Di
dalam video yang ditampilkan siswa begitu bebas bersekspresi dalam tahap santun
dan berbudi pekerti. E.
Rencana
Perbaikan a.
Memberikan
motivasi b.
Masuk
lebih jauh pada kodrat siswa c.
Membuat
komunikasi lebih baik lagi dengan rekan kerja dan orangtua F.
Dokumentasi
Proses Sampel
video kegiatan aksi nyata https://youtu.be/g5v_-M8_gig https://youtu.be/l2oRGTNngXo https://youtu.be/FQ5K4mF94bA https://youtu.be/2ya60SzMdvM
|
Belajar bahasa indonesia di rumah memang lah seru karena belajar nya asik asik
BalasHapusDan yang paling suka lagi adalah tugas di upload youtube karena jadi youtuber sudah termasuk hobi saya
Terimakasih guru bahasa indonesia
Salam=Mufti Railfans Cibatu
Terima kasih de Mufti atas masukannya
Hapussaya orang tua mufti mengucapkan terimankasih kepada guru bahasa indonesia SMPIT BIC( bpk M ihsan) karena dengan metode belajar beliau anak saya semangat mengerjakan tugas pelajaran karena tugasnya tidak memaksa dan menggali potensi anak.sesuai dengan merdeka belajar.good job pa!!
BalasHapusHatur nuhun ibu itu juga berkat dorongan doa kritik dan saran dari orang tua siswa..jazakallah hatur nuhun Kana partisipasin
Hapus